- Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, motor 2 tak ini memerlukan 2 kali gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol Dimana penjelasannya yaitu:
- TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA).
- TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder.
- Bahan bakarnya selalu di campur dengan oli, baik secara langsung ke dalam tangki bensin ataupun dengan cara terpisah.
- Tidak memiliki katup, sebagai gantinya adalah red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.
- Setiap piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I dan ring compressi II.
- Setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder (primer) dan carter(sekunder).
- Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan turun dengan 2 kali putaran poros engkol. Penjelasannya yaitu:
- TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB).
- TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA).
- TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB).
- TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder.
- Bahan bakarnya bensin/pertamax murni (tidak dicampur).
- Setiap cylindernya memiliki 2 buah atau 4 buah katup.
- Cylindernya hanya memiliki 1 macam compressi yaitu compressi cylinder.
- Setiap piston memiliki 3 buah ring yaitu : ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring ini sangat berguna untuk membantu pelumasan pada piston.
Hehe..
Sekian dulu gan' tentang PERBEDAAN MOTOR 4 TAK DAN 2 TAK
semoga bermanfaat..
-----Sundul Gan'-----