Sebenarnya mesin berisik ada beberapa penyebab. Biasanya nih, mesin berisik disebabkan:
- Katup yang berbunyi
- Bunyi dari bagian piston
- Bunyi dari bagian rantai timing
- Bunyi dari bagian kopling
- Bunyi dari bagian crankshaft
- Bunyi dari bagian transmisi
- Buka Cam Chan Adjuster Tensioner dari tempatnya, Gunakan kunci no.8
- Setelah dibuka, dengan menggunakan obeng ( – )masukkan ke dalam celah tegangan rantai cam dan putar searah jarum jam untuk mengendorkan tegangan, kemudian lepaskan obeng ( – )
- Untuk memastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekannya macet/mekanisme pegasnya rusak ya harus diganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru
OK, sekarang katakanlah cam chain tensioner adjuster masih berfungsi. Cara memasangnya gimana nih, apakah tinggal pasang aja atau perlu perhatian khusus?
Berikut ini langkah-langkah yang kudu duperhatikan pada saat akan memasang kembali alat tersebut.
- Sebelum memasang, pastikan pegas penegang sudah dikunci. Caranya dengan obeng (-) putar searah jarum jam
- Putar Crankchaft pada arah yang normal untuk menghilangkan kekendoran rantai antara crank sproket dan exhaust sproket
- Setelah memasang cam chain tension adjuster, putar obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Pada saat cam chain tension adjuster berputar batang penegang akan terdorong oleh daya pegas dan menekan cam chain tension adjuster yang sekaligus menekan rantai cam
Agan' boleh coba sendiri, tapi sebaiknya didampingi mekanik yang berpengalaman.
Hehe..
Sekian dulu gan' tentang TIPS RINGAN ATASI MESIN BERISIK SATRIA F150 kali ini, semoga bermanfaat..
Sundul Gan'..
Sumber : Cek disini